Pilkada OKU berpeluang Melawan Kotak Kosong, Waktu Pendaftaran Diperpanjang

  • Whatsapp
Ilustrasi Pilkada Paslon Kada VS Kolom Kosong

Batumartaupdate.com – Seperti diketahui bahwa pasangan calon petahana Kuryana Aziz dan Johan Anwar dimungkinkan melawan Kotak Kosong dalam putaran Pilkada Serentak tahun 2020, tak tanggung-tanggung 11 partai telah menyatakan dukungan kepada mereka, yakni Nasdem, PKS, PAN, Golkar, PBB, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB dan PDI-P.

Diprediksi bahwa Pilkada di Kabupaten Ogan Komering Ulu melawan kotak kosong, karena hingga kini pendaftaran di KPU OKU baru dilakukan oleh pasangan petahana yakni Kuryana Azis dan Johan Anuar yang resmi mendaftar pada 4 September 2020.

Read More

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten OKU Naning Wijaya di Baturaja,
mengatakan bahwa sampai sekarang baru terdaftar satu bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati OKU yakni Kuryana Azis dan Johan Anuar untuk maju di Pilkada Serentak 2020.

Ilustrasi Bakal Calon Kepala Daerah Vs Kotak Kosong
Ilustrasi Bakal Calon Kepala Daerah Vs Kotak Kosong

“Pasangan petahana ini diusung oleh 11 partai pengusung dan tiga partai pendukung. Seluruh partai mendukung bakal pasangan calon Kuryana Azis-Johan Anuar,” ungkapnya. Senin (7/9/2020).

Hal tersebut semakin diperkuat oleh Kelly Mariana Ketua KPU wilayah Sumatera Selatan yang mengatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang pembukaan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Ogan Komering Ulu (OKU).

Perpanjangan pendaftaran juga dilakukan di OKU Selatan hingga 12 September 2020. Sebab, dua Kabupaten itu sampai saat ini hanya memiliki calon tunggal dan berpotensi bakal melawan kotak kosong.

Kelly Mariana mengatakan, diperpanjangnya masa pendaftaran para calon kepala daerah di dua Kabupaten tersebut sesuai regulasi yang disampaikan oleh KPU pusat.

Tentunya, masa perpanjangan pendaftaran bisa menjadi peluang bagi partai politik yang belum memberikan dukungan secara pasti ke pasangan calon untuk mendaftarkan calon mereka.

Sehingga, diharapkan pada proses Pilkada nanti tidak ada calon yang menghadapi kotak kosong.

“Mungkin ada calon dari partai yang ingin berpindah mendukung calon lain bisa menggunakan kesempatan ini,” kata Kelly saat dikonfirmasi, Selasa (8/9/2020).

Selanjutnya, rangkaian proses pemeriksaan kesehatan untuk bakal calon kepala daerah di Kabupaten OKU dan OKU Selatan ditunda sementara sampai 13 September 2020 mendatang.

“Pemeriksaan kesehatannya nanti akan dibarengi dengan dua calon yang tak hadir hari ini,” ujar Kelly.

Source: Kompas
Editor: F-Wtk

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *