Rapat Konsolidasi Rencana Mukercab PCNU Kabupaten OKU

  • Whatsapp
Konsolidasi Rencana Mukercab PC NU Kabupaten OKU

Batumartaupdate.com – Dalam upaya melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten OKU kearah yang lebih efektif dan efisien, segenap jajaran kepengurusan melaksanakan rapat konsolidasi dalam rangka rencana Mukercab (Musyawarah Kerja Cabang) pada minggu malam (6/9/2020), bertempat di kediaman Mukti Riadi, ST., S.Si., SE., M.Si. selaku Katib PCNU Kabupaten OKU.

Hadir dalam rapat terbatas tersebut Kiai Syafaat Ariful Huda selaku Mustasyar PCNU Kabupaten OKU bersama KH. Sofwan Sihab, KH Syairuddin, KH. Thoha Zamani, KH. Zaenuddin yang merupakan jajaran Rois Syuriah PCNU Kabupaten OKU.

Read More

Hadir pula Drs. M. Bahori, MM selaku Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten OKU bersama segenap jajarannya.

Taklupa pula hadir segenap Banser SATKORYON Lubuk Raja dikomandoi oleh Sdr. Turyanto bersama beberapa rekan bertugas mengamankan jalannya acara konsolidasi umat tersebut.

Acara konsolidasi yang langsung dimoderatori oleh Mukti Riadi, ST., S.Si., SE., M.Si. langsung berfokus membahas tentang pelaksanaan rencana kegiatan Mukercab NU Kabupaten OKU.

Dalam pertemuan perdana kali ini, KH. Softwan sihab selaku Rois Syuriah PCNU Kabupaten OKU diberikan waktu seluas-luasnya oleh moderator untuk memberikan beberapa arahan terkait dengan pelaksanaan acara tersebut.

KH Sofwan Sihab (Rois Syuriah PC NU Kab. OKU), menyampaikan beberapa arahan dalam Rapat

Dalam kesempatannya beliau menyampaikan beberapa poin penting sebagai berikut:

  1. Kita sepakat mengabdi kepada NU (Nahdlatul Ulama), tentunya tidak cukup hanya 1 atau 2 orang, semua jajaran kepengurusan yang ada harus bergandeng tangan bahu membahu dalam upaya pengabdian kepada NU, mari kita samakan visi misi, karena wilayah kita yang sangat luas, harapannya kultur dan budaya NU dapat dikenal dan meresap dihati masyarakat.
  2. Kultur dan Budaya harus kita rawat, kita strukturkan agar kordinasinya bisa saling sinergi. Mari kita Inventarisir anggota kepengurusan dengan baik, mulai dari PC, MWC dan Ranting, semua lini agar bisa diefektifkan sebagaimana tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
  3. Ketua Tanfidz memiliki tugas yang belum selesai mengenai laporan pertanggung jawaban kepada masyarakat atas kegiatan pelantikan pengurus NU yang dibatalkan waktu lalu dikarenakan adanya wabah covid-19, hal tersebut dikarenakan sudah banyak dana yang terkumpul dari masyarakat.
  4. Kita harus lebih giat bersilaturahim, walaupun hanya beberapa orang yang intinya membahas bagaimana NU untuk kedepannya, Insya Allah 5 tahun kedepan NU akan lebih menyebar di masyarakat.
  5. PCNU Kabupaten OKU Timur telah sepakat tidak mengadakan pelantikan kepengurusan, namun langsung melaksanakan Mukercab, untuk OKU kapan dan tempatnya mari kita musyawarahkan bersama

Menanggapi beberapa point penting yang disampaikan oleh KH. Sofwan Sihab, Mukti Riadi, ST., S.Si., SE., M.Si. memberikan respon positif atas terlaksananya beberapa point tersebut.

Mukti Riyadi, Katib PCNU Kabupaten OKU
Katib PC NU Kabupaten OKU menyampaikan beberapa Tanggapan Positif

“NU ini organisasi yang besar, kepentingan di dalamnya pun juga banyak, kalau kita tidak saling sinergi, akan bisa menimbulkan kesalah fahaman dan perselisihan. Maka apapun yang akan kita lakukan harus dibingkai kepada hikmah yang sama yaitu Islam dengan wadahnya NU,” pungkas Mukti Riadi (6/9/2020).

Beliau berpandangan bahwa Pentingnya persatuan dan kesatuan visi misi dalam sebuah Organisasi agar semakin berkembang dan tentunya beberapa kepentingan yang ada tidaklah menjadi lebih penting selain kepentingan mengembangkan dan melestarikan apa yang sudah di amanahkan NU kepada semua pengurus PC Kabupaten OKU.

“Tidak mungkin kita urus secara centralistik, karena saking besarnya NU, kita harus punya strategi jitu dalam pola pengembangannya, tentunya NU bukan lembaga Politik, walau berbeda kita harus tetap menghadirkan kemanfaatan kepada umat.” sambungnya.

Pada kesempatannya, Ketua Tanfidziyah Kabupaten OKU menyampaikan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan beberapa kegiatan secara umum menunggu keadaan aman.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten OKU
Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten OKU menyampaikan Kata Sambutan

“Agar kita tidak terjebak dalam hal yang tidak kita semua inginkan, dari pihak Tanfidziyah dalam hal ini tidak melalaikan apa yang menjadi tugasnya tapi kita menunggu keputusan bersama. Karena kita dalam keadaan yang Insya Allah aman maka kita harus segera melaksanakan Mukercab, waktu dan tempat kita sepakati bersama karena pihak Tanfidziyah sudah menyusun beberapa program kerja,” ungkapnya (6/9/2020).

Dari beberapa hal yang dimusyawarahkan malam itu, akhirnya seluruh peserta konsolidasi bermufakat bahwa akan dilaksanakannya kegiatan Mukercab PCNU Kabupaten OKU di Baturaja.

“Akhirnya atas kesepakatan bersama lokasi diadakannya Mukercab adalah di Baturaja untuk waktu dan tanggalnya akan dikabarkan kembali secepatnya”, simpul Syubransa selaku Sekretaris PCNU Kabupaten OKU.

Acara konsolidasi rencana Mukercab Pengurus Cabang NU Kabupaten OKU selesai dengan membuahkan beberapa kesimpulan yang menjadi dasar atas terlaksananya kegiatan mendatang.

(F-Wtk)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *